Sabtu, 16 Mei 2009

Mari Sambut Sang Juara!


Kompetisi Sepak Bola Djarum Indonesia Super Liga 2008/2009 telah memasuki fase terakhir, sesuai jadwal akan berakhir pada tanggal 13 Juni 2009. Secara umum, semua kontestan masih menyisahkan kurang lebih 4 hingga 5 pertandingan, bahkan ada tim yang masih menyisahkan 6-7 pertandingan.

Terlepas dari kondisi tersebut, ada satu tim yang kini menjadi perhatian public sepak bola tanah air pada ajang Djarum ISL 2008/2009, siapa lagi kalau bukan tim kebanggaan kota port numbay, Persipura Jayapura.

Ketika kontestan lain sedang berjuang untuk keluar dari jurang degradasi atau berjuang untuk memperbaiki peringkat, Persipura Jayapura justru sedang menanti Pesta kemenangan sekaligus pesta juara pada ajang kompetisi sepak bola terakbar di tanah air ini.

Meski masih menyisahkan 4 laga, namun untuk menentukan gelar juara, Persipura hanya butuh satu kali kemenangan, kalau terpaksa, ya Persipura mesti menang dua kali laga. Kalau bukan ditentukan pada laga melawan Persija atau Persitara, maka akan terjadi di stadion Mandala Jayapura, kita tunggu saja, kejutan apa yang bakal terjadi.

Ibarat pertandingan catur yang bertujuan mematikan Raja dengan dua langkah, demikian halnya perjalanan Persipura di Kompetisi Djarum ISL 2008/2009, dipastikan akan mengunci kompetisi ini pada satu atau dua pertandingan terakhir, dari sisa empat laga yang akan dilakoni.
Persipura kini telah mengoleksi 70 poin, suatu raihan yang akan sangat sulit dikejar oleh lawan-lawannya, baik Persiwa, Persib Bandung, Sriwijaya FC maupun Persija Jakarta. Kalaupun ada tim yang ingin menyalip perjalanan Persipura, tentu berharap Persipura kalah di empat laga terakhir. Tetapi keadaan itu tentu tidak mudah, karena dari 4 laga tersebut, dua laga dimainkan dikandang Persipura. Kalaupun gagal meraih poin penuh dalam turnya ke kandang Persija dan Persitara, maka hasilnya akan ditentukan di Mandala nanti, melawan PSMS dan Sriwijaya FC.
Sebaliknya, jika Persiwa Wamena dan Persib Bandung yang mempunyai peluang menembus poin 70 kalah satu pertandingan dari sisa laga yang ada, maka Persipura Jayapura bakal merayakan pesta Juara lebih awal. Mengapa demikian? Ya, lihat saja Persiwa Wamena yang berada pada urutan 2 dengan poin 60, jika 4 laga sisa dapat dimenangkan Persiwa, maka poinnya akan menjadi 72, jika sekali kalah, maka poin akhirnya menjadi 69. Demikian dengan Persib yang kini mengoleksi 51 poin dari 26 kali main, masih menyisahkan 8 pertandingan. Andaikan sisa laga tersebut dimenangkan seluruhnya oleh Persib, maka poinnya akan menjadi 75, sebaliknya kalau sekali kalah, poinnya akan berkurang menjadi 72, demikian seterusnya.
Sementara bagi Persipura, jika Persiwa dan Persib sekali kalah, maka Persipura sudah dapat memastikan Juara pada pertandingan ke-31 saat bertandang ke kandang Persija. Kalau menang melawan Persija, maka saat itu Persipura dipastikan Juara, jika kalah, maka peluangnya ada pada laga tandang berikut di kandang Persitara.
Kini saatnya seluruh elemen Persipura, baik Managemen Persipura, pemain dan seluruh mania Persipura menungguh detik-detik terakhir dengan harap-harap cemas. Mampukah kompetisi ini ditutup pada laga ke-31, 32 atau pada dua laga terakhir di kandang?
Meskipun begitu anak asuh Jacksen F Tiago tersebut, belum mau disebut sebagai sang juara, sebelum kompetisi usai, pasalnya segala sesuatu akan terjadi, apalagi ini sepak bola Indonesia, yang sangat identik dengan factor non teknis.

“Memang dengan keberhasilan ini, kami banjir pujian, bahkan ada yang sudah memberikan selamat buat kami, namun bagi saya sebelum kompetisi usai, kami belum disebut juara,”ujar Pelatih Persipura Jacksen F Tiago.

Apalagi masih ada empat laga penting yang harus dilakoni oleh Persipura, melawan Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara serta melawan PSMS Medan dan Sriwijaya FC terakhir. “Ya, kami memang sudah menargetkan, sebelum pertandingan ke-34, kami sudah bisa memastikan juara, ini demi mencegah faktor non teknis,“ujar Eduard Ivakdalam.( sprtP)

Keterangan : Pada halaman ini, selain foto, tambah data dan fakta hasil pertandingan Persipura selama 30 pertandingan
Berikut Data Hasil Persipura selama Kompetisi Djarum ISL 2008/2009
1. Persipura Jayapura 1 - 0 Pelita Jaya
2. Persita Tangerang 1 - 2 Persipura Jayapura
3. Persijap Jepara 2 - 4 Persipura Jayapura
4. Persipura Jayapura 5 - 0 PSM Makassar
5. Persipura Jayapura 2 - 0 Deltras Sidoarjo
6. Persipura Jayapura 2 - 1 Arema Malang
7. Persipura Jayapura 2 - 0 Persiwa Wamena
8. Persiwa Wamena 1 - 0 Persipura Jayapura
9. Persib Bandung 1 - 1 Persipura Jayapura
10. Persela Lamongan 1 - 3 Persipura Jayapura
11. Arema Malang 0 - 5 Persipura Jayapura
12. Persik Kediri 2 - 1 Persipura Jayapura
13. Persipura Jayapura 3 - 1 Persiba Balikpapan
14. Persipura Jayapura 3 - 1 Bontang PKT
15. Persipura Jayapura 4 - 0 PSIS Semarang
16. PSM Makassar 1 - 1 Persipura Jayapura
17. Persipura Jayapura 1 - 1 Persijap Jepara
18. Persipura Jayapura 3 - 0 Persita Tangerang
19. PSIS Semarang 1 - 0 Persipura Jayapura
20. Pelita Jaya 0 - 1 Persipura Jayapura
21. Bontang PKT 2 - 4 Persipura Jayapura
22. Persiba Balikpapan 1 - 2 Persipura Jayapura
23. Persipura Jayapura 2 - 0 Persela Lamongan
24. Persipura Jayapura 6 - 0 Persija Jakarta
25. Persipura Jayapura 5 - 0 Persik Kediri
26. Sriwijaya FC 2 - 2 Persipura Jayapura
27. PSMS Medan 0 - 1 Persipura Jayapura
28. Persipura Jayapura 1 - 0 Persib Bandung
29. Persipura Jayapura 3 - 0 Persitara Jakarta
30. Deltras Sidoarjo 1 - 0 Persipura Jayapura
31. Persija Jakarta ? Persipura Jayapura
32. Persitara Jakarta ? Persipura Jayapura
33. Persipura Jayapura ? PSMS Medan
34. Persipura Jayapura ? Sriwijaya FC Palembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar